Pengguna Motor 2 tak memang tidak banyak karena faktor sudah tidak lagi diproduksi oleh banyak pabrikan, namun meski begitu motor jenis ini banyak sekali penggemarnya.

Namun buat kamu yang mungkin berminat memiliki motor jenis 2 tak ini harus extra dalam menjaga dan perawatannya, selain karena kelangkaan nya motornya spareparts nya pun mulai jarang di pasaran.

salah satu yang perlu di perhatikan agar mesin motor 2 tak lebih awet adalah penggunaan oli samping yang tepat dan ideal sehingga peformanya tetap terjaga dan mesin awet.

Buat kamu yang berminat memiliki motor 2 tak, dan mungkin bingung cara merawat motor 2 tak dan cara menakar oli samping yang tepat, agar mesin awet dan performanya terjaga.

Takaran Ideal Oli samping Motor 2 Tak

lalu kira kira berapa sih takaran oli samping idealnya?

Jawabannya ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi  takaran idealnya salah satu nya tergantung dari jenis dan kualitas oli yang digunakan.

sederhananya begini “Untuk oli dengan kualitas terbaik, takaran oli samping bisa gunakan 25 ml untuk per 1 liter bahan bakar mesin (BBM), sedangkan jika kamu gunaan olidengan  yang kualitas standar bisa pakai kisaran 30 ml  buat untuk 1 liter BBM,”

Kedua jika kondisi pompa oli samping masih dapat digunakan dan berfungsi dengan baik, coba cek bagian sealant oli yang mengarah ke karburator. biasanya oli samping akan menetes setiap 10 detik ketika putaran mesin stasioner atau langsam, kalau kurang bisa disetel.

 

Resiko Mesin 2 tak kekurangan oli samping

 

Perlu di perhatikan bahwa kalau mesin 2-tak sampai kekurangan oli samping, akibatnya bisa bahaya.

“Kalau oli samping sampai tekor, mesin bakal terasa berat dan gampang panas, bahaya,”

 

Banyak dari mereka yang masih bingung cara merawat motor 2-tak. Salah satunya, menakar oli samping yang pas agar tidak merusak mesin.

 

Jangan Berpatokan Dari Asap

 

Banyak bikers yang berpatokan pada asap yang keluar dari knalpot, Asal knalpot ngebul, berarti mesin sudah dapat pasokan oli samping yang cukup.

Padahal itu tidak lah tepat! Bisa juga knalpot ngebul tapi oli samping tekor.

“Dalam beberapa kasus oli samping meski cuma sedikit yang masuk kedalam mesin, tapi asapnya banyak. Bisa juga asap ngebul berasal dari sil kruk as sebelah kanan yang bocor. Makanya, melihat asap di knalpot jangan dijadikan patokan utama,”

berikut tips nya mengukur apakah oli samping cukup atau tidak :

Petama Jika kondisi motor masih standar, bisa lihat dari slang oli samping yang mengarah ke karburator jika oli yang menetes dari selang tersebut kurang atau lebih dari 10 detik maka tidak ideal.

Kedua untuk motor yang sudah pakai sistem campur oli samping ke bensin secara manual, juga ada takarannya. Buat mesin standar, sobat bisa campur 25 cc oli samping untuk 1 liter bensin.

Nah untuk mesin yang sudah korek, bisa gunakan campur 35 cc oli samping buat 1 liter bensin.